11-05-2019

TP4D Kejati Sulsel Telah Kawal Proyek Senilai Rp677 Miliar

HTML5 Bootstrap Template by colorlib.com

Hingga April 2019, Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintah Daerah (TP4D) Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulawesi Selatan (Sulsel) telah mengawal proyek senilai Rp677.005.711.324.

Hal itu dikatakan Kepala Seksi Penerangan Hukum Kejati Sulsel, Salahuddin saat dikonfirmasi SINDOnews. Kata dia, nilai itu merupakan total dari sejumlah proyek yang didampingi TP4D.

"Total pendampingan, ada 15 instansi yang didampingi dengan total nilai proyek Rp677.005.711.324," singkat Salahuddin.

Hanya saja Salahuddin belum bisa merinci terkait instansi apa saja yang didampingi TP4D. Jelasnya, tim dari Kejati Sulsel akan memberikan pendampingan hukum kepada instansi yang dikawal sehingga berjalan sesuai aturan yang berlaku.

Dalam artian, TP4D memberikan pertimbangan hukum dan mengenalkan aturan serta mekanismenya berkaitan dengan kegiatan yang sedang dilakukan. Termasuk memberikan edukasi hukum pengeloaab serta pemanfaatan maupun pertanggungjawaban anggaran yang dikelola.

Dengan demikian, lanjut Salahuddin, pendampingan yang diberikan TP4D bisa meminimalisir penyimpangan aturan dalam pelaksanaan pembangunan.

"Intinya personil TP4D memberikan pendampingan dalam bentuk pendapat hukum terhadap semua permasalahan hukum yang dihadapi owner dalam pelaksanaan pembangunan daerah yang mempergunakan dana baik dari APBN maupun APBD," terangnya.

Terpisah, Peneliti ACC Sulawesi, Anggareksa, meminta kepada TP4D Kejati Sulsel agar lebih serius dalam mengawal proyek pembangunan yang menggunakan uang negara.

"TP4D harus lebih maksimal dalam mengawal uang rakyat, jika anggaran tersebut sudah dikawal TP4D namun masih terjadi korupsi sebaiknya TP4D ini direview kembali keberadaannya karena menjadi tidak efektif dan hanya menghabiskan anggaran," ungkapnya.

Sumber : Sindo News

Share