03-06-2019

Upacara Hari Lahir Pancasila

HTML5 Bootstrap Template by colorlib.com

Jajaran Kejati Sulsel menggelar upacara memperingati Hari Lahirnya Pancasila di lapangan Upacara Kantor Kejati Sulsel, Sabtu (1/6/2019).

Bertindak selaku Inspektur Upacara Kepala Kejaksaan Tinggi Sulsel Tarmizi SH MH, sedangkan peserta upacara dari Kejati Sulsel dan Kejari Makassar. Dalam upacara tersebut, Kajati Sulsel membacakan amanat dari Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

Sebagai negara bangsa yang inklusif dan tidak chauvisi diperlukan pengelolaan unit kultural dan unit politik secara dialektis. Maksudnya, keberagaman yang ada secara alami dan kultural harus dikelola dan dikembangkan untuk membangun 'Tamansari Kebudayaan' yang memungkinkan semua mahkluk hidup tumbuh sesuai dengan ekosistem yang sehat dimana Indonesia dan Pancasila adalah rumah kita semua.

"Untuk itu diperlukan kesadaran dan pemahaman untuk saling menghormati, saling bekerjasama, bergotong royong dalam menyelesaikan permasalahan yang ada. Kondisi demikian dapat berkembang melalui budaya politik kewargaan yang demokratis. Budaya politik yang tidak menimbulkan ketakutan. Kita Indonesia, Kita Pancasila adalah sosok yang percaya diri, optimis dan penuh harapan dalam menatap masa dengan sebagai bangsa yang maju, adil dan makmur," kata Tarmizi.

"Melalui peringatan hari kelahiran Pancasila 1 Juni 2019, Pancasila perlu dijadikan sebagai sumber inspirasi 'politik harapan' dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Kita semua harus terus menerus secara konsisten merealisasikan Pancasila sebagai dasar Negara, Ideologi NEgara dan pandangan dunia yang dapat membawa kemajuan dan kebahagiaan seluruh bangsa Indonesia. Kita bersatu membangun bangsa utuk merealisasikan tatanah kehidupan masyarkat yang rukun, damai, adil dalam kemakmuran dan makmur dalam keadilan. Kita Indonesia, kita Pancasila," Kata Kajati Sulsel Tarmizi. (gus)

Share